Monday 26 November 2012

Kisi-Kisi UN MATEMATIKA SMK (KELOMPOK TEKNOLOGI, KESEHATAN, DAN PERTANIAN) 2012-2013

MATEMATIKA SMK (KELOMPOK TEKNOLOGI, KESEHATAN, DAN
PERTANIAN) 2012-2013
NO KOMPETENSI INDIKATOR

Menyelesaikan masalah dengan menggunakan
operasi bilangan real.
1. Melakukan operasi bilangan real dan menerapkannya dalam bidang kejuruan. Menentukan hasil operasi bilangan berpangkat dan bentuk akar, dan/atau logaritma.
2. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan dan pertidaksamaan linear dua variabel serta dapat menerapkannya dalam bidang kejuruan. Menyelesaikan masalah sistem persamaan atau pertidaksamaan linear dua variabel. Menentukan fungsi linear dan/atau grafiknya.Menentukan fungsi kuadrat dan/atau grafiknya.Menentukan model matematika dari masalah
program linear.Menentukan daerah himpunan penyelesaian dari masalah program linear.
3. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan fungsi linear, fungsi kuadrat, program linear, dan sistem pertidaksamaan linear. Menentukan nilai optimum dari sistem pertidaksamaan linear. Menentukan hasil operasi matriks atau invers suatu matriks.
4. Menerapkan konsep matriks dan vektor untuk memecahkan masalah.
Menentukan hasil operasi vektor dan besar sudut antar vektor pada bidang atau ruang. Menentukan ingkaran dari suatu pernyataan. Menentukan invers, konvers, atau kontraposisi.
5. Menerapkan prinsip-prinsip logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor. Menarik kesimpulan dari beberapa premis. Mengidentifikasi bangun datar, bangun ruang, dan unsur-unsurnya. Menghitung keliling dan luas bangun datar atau menyelesaikan masalah yang terkait. Menghitung luas bangun permukaan bangun ruang atau menyelesaikan masalah yang terkait.
6. Menentukan unsur-unsur bangun datar, keliling dan luas bangun datar, luas permukaan dan volume bangun ruang, unsur-unsur irisan kerucut serta dapat menerapkannya dalam bidang kejuruan. Menghitung volume bangun ruang atau menyelesaikan masalah yang terkait. Menentukan unsur-unsur segitiga dengan menggunakan perbandingan trigonometri.
7. Menerapkan konsep perbandingan trigonometri dalam pemecahan masalah. Mengkonversi koordinat kutub ke koordinat kartesius atau sebaliknya. Mengidentifikasi pola, barisan, atau deret bilangan. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan atau deret aritmetika.
8. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan barisan dan deret. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan dan deret geometri.
9. Menerapkan konsep peluang dalam Menentukan permutasi atau kombinasi.
Kompetensi–Standar Isi–2012-2013 60
NO KOMPETENSI INDIKATOR
pemecahan masalah. Menghitung peluang suatu kejadian atau frekuensi harapannya. Menginterpretasi data yang disajikan dalam bentuk tabel atau diagram. Menghitung ukuran pemusatan data.
10. Menerapkan konsep dan pengukuran statistik dalam pemecahan masalah. Menghitung ukuran penyebaran data. Menentukan limit fungsi aljabar atau fungsi geometri. Menentukan turunan fungsi aljabar atau fungsi geometri.
11. Menggunakan konsep limit fungsi dan turunan fungsi dalam pemecahan masalah. Menyelesaikan masalah dengan menggunakan konsep turunan. Menentukan integral tak tentu atau integral tentu dari fungsi aljabar atau trigonometri. Menentukan luas daerah di antara dua kurva.
12. Menggunakan konsep integral dalam pemecahanan masalah. Menentukan volume benda putar.
13 Menerapkan konsep irisan kerucut dalam memecahkan masalah. Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan lingkaran atau parabola.


Emoticon Emoticon