Wednesday 25 January 2012

CD/DVD Burner Dengan BashBurn

Tags





CD/DVD Burner Dengan BashBurn



Program K3b atau Brasero telah dikenal sebagai program burner CD/DVD di Linux. Alternatifnya, Anda bisa langsung menggunakan program bashburn. Tidak banyak yang mengetahui program berbasis command line ini berfungsi sebagai wrapper (pembungkus) program burner command line cdrecord.
Dari namanya, mudah ditebak bahwa aplikasi ini berbasis shell script Bash.Dengan demikian, BashBurn dapat berjalan di semua distro Linux dan sistem UNIX yang memakai shell Bash. BashBurn memakai sistem menu, dimana perintah dipilih dengan memasukkan angka. Ada pun fasilitas BashBurn adalah:
  • Burn audio CD
  • Burn CD/DVD data
  • Burn ISO image ke CD/DVD
  • Membuat multisesson CD/DVD
Catatan: Jalankan bashburn sebagai user root agar bisa mengakses device CD/DVD writer dengan sempurna.
Secara default, data yang ingin di burn harus duletakkan di direktori /tmp/burn. Posisi direktori data ini bisa Anda ganti melalui menu "Configure BashNurn" dan memilih "Burn directory". Anda pun perlu melakukan konfigurasi pada beberapa parameter, seperti nama device CD/DVD writer, mount point, dan lainnya. Masuklah menu "Configure BashBurn" dan perhatikan baris-baris yang diisi dengan kalimat "Change me".
Karena BashBurn pada dasarnya mengandalkan program external untuk melakukan tugas tertentu, cek juga ketersediaan program-program ini. Menu "Check program paths" akan membantu Anda. Program yang tidak ditemukan akan dikomentari dengan tulisan berwarna merah "Application Not Found".
Catatan: Biasanya yang program yang tidak ditemukan adalam lame dan normalize. Kedua program dapat diinstal dengan perintah
# slapt-get -1 lame normalize
Aplikasi Lain
Distro Salix Ratpoison juga mengemas program spreadsheet berbasis command line yaitu Sc. Sepintas, tampilan Sc mirip dengan Lotus 1-2-3. Spreadsheet ini memungkinkan pengguna untuk mengetik data dan formula mirip dengan Excel atau Open Office Calc. Sc juga menyertakan panduan untuk belajar sambil praktek yang dapat diakses dengan mengetik:
$ sc /usr/lib/sc/tutorial.sc
Sc tidak memiliki kemampuan untuk menyimpan file ke format Open Office Calc. Namun ada triknya. File Anda simpan dalam bentuk colon separated file (file yang dipisahkan tanda titik dua ":" antar kolomnya). Tanda pemisah ini mungkin terlihat tidak umum, karena biasanya yang dipakai adalah koma. Perintahnya adalah dengan mengetik S tblstyle=O diikuti dengan T hasil.cln. Nama "hasil.cln" bisa Anda ganti sesuai keinginan. Selanjutnya, dari Open Office Calc, lakukan proses import dan pastikan bahwa tanda pemisahnya adalah titik dua (:). Whaaw Media Player dan Music On Console adalah program multimedia player yang akan dapat memutar berbagai file audio dan video. Agar berjalan optimal, jalankan perintah berikut ini untuk menginstall berbagai codecs-nya.
# salix codecs-installer
Alternatifnya, codec dapat diinstal melalui menu "Multimedia | Install Multimedia Codecs". Langkag ini dilakukan agar berbagai format codec (dan plugin) audio dan video (MP3, wmv, mov, dan lainnya) didownload dan diinstall pada komputer.


Emoticon Emoticon