Wednesday 22 February 2012

Masalah Virus Jaringan Warnet

Tags

Warnet pada dasarnya merupakan sebuah jaringan lokal atau LAN (Local Area Network) yang terdiri dari beberapa komputer dan peralatan lainnya seperti switch/hub, router/modem, kabel, dan lain-lain. Masalah yang paling sering menjadi gangguan pada LAN sebuah warnet salah satunya adalah serangan virus seperti diantaranya yang paling sering dijumpai yaitu Sality, Conficker,  Down-up dan warm/spy lainnya. Untuk mengindikasi sebuah LAN warnet terkena virus jaringan adalah dengan cara test koneksi internet dengan perintah ping dari Command Prompt.
Langkah-langkahnya, klik Start > Run> ketik cmd, lalu ketik perintah ping ke alamat IP (Internet Protocol) DNS dari ISP yang kita pakai, misalnya ke DNS TelkomSpeedy;
ping 222.124.204.34 -t

Dalam kondisi normal, hasilnya akan muncul balasan paket data berupa pesan reply seperti terlihat pada gambar di atas. Jika jaringan terkena virus, maka akan muncul pesan Request time out diantara pesan reply.
Cara umum untuk mendeteksi dan membersihkan virus yaitu menggunakan antivirus handal yg selalu di update agar up-to-date database jenis virus-nya…
Cara lain adalah dengan memformat hardisk dan menginstall ulang sistem operasi komputer-komputer di warnet anda. Kebanyakan komputer yang paling rentan terkena virus adalah komputer yang menggunakan sistem operasi bajakan, misalnya Microsoft Windows, dikarenakan tidak bisa terupdate secara periodik tidak seperti halnya Microsoft Windows berlisensi. Jangan lupa untuk mematikan semua koneksi jaringan dengan mematikan hub serta modem selama proses penginstallan, ini dimaksudkan supaya hasil format hardisk seteril dari virus jaringan tersebut. Nyalakan lagi hub serta modem tersebut setelah semua komputer beres diinstall.


Emoticon Emoticon